Gejala Awal Penyakit Jantung Dan Pencegahannya Agar Tidak Berakibat Fatal

September 26, 2024

 

cara mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor sati di dunia, pada dasarnya masalah cardiovascular ini memang kerab kali tidak disadari oleh penderitanya. Padahal ketika tahu gejala awal penyakit jantung dan pencegahannya maka bisa membantu untuk meminimalisir resiko serius yang disebabkan oleh gangguan kesehatan tersebut. Ingat bahwa jantung adalah organ vital dalam tubuh, dimana fungsinya adalah memompa darah ke seluruh tubuh, fatal akibatnya jika jantung tiba-tiba berhenti berdetak karena adanya gangguan.

Gejala Penyakit Jantung

Penting bagi kamu untuk tahu mengenai gejala awal penyakit jantung dan pencegahannya, apa saja yang dialami ketika terkena gangguan jantung, berikut ini diantaranya, yaitu:


1. Jantung berdebar


Gejala yang pertama tak lain adalah akan merasakan jantung yang berbeda-debar kencang, hal ini bahkan tidak hanya terjadi sekali saja, melainkan sering terjadi, detaknya sering kali tidak beraturan. Hal ini bisa menjadi gejala bahwa kamu sedang mengalami gangguan jantung yaitu airtime, dimana irama jantung tidak beraturan.

 

2. Mudah merasakan lelah 


Gejala yang lainnya adalah ditandai dengan rasa mudah lelah, bahkan saat kamu tidak melakukan aktivitas apapun, namun tubuh tetap saja mudah kelelahan. Kondisi ini patut untuk diwaspadai karena bisa jadi gejala awal sedang mengalami gangguan jantung. Gejala ini muncul akibat jantung yang tidak berfungsi secara normal, Sehingga darah tidak bisa menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, akibatnya ada rasa lelah kronis.

 

3. Munculnya keringat dingin


Pada penderita jantung juga akan mengalami sebuah kondisi yaitu munculnya keringat berlebihan dan peningkatan suhu badan. Sebenarnya ini adalah bentuk dari respon tubuh untuk bisa mengurangi beban kerja jantung, karena organ jantung tersebut sudah dipaksa untuk bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh akan mengalami syok dan berkeringat berlebihan.

 

4. Sesak napas


Gejala lain adalah mengalami sesak napas, dalam istilah medisnya dikenal sebagai dyspnea. Hal ini bisa dirasakan saat melakukan atau bahkan tidak melakukan aktivitas fisik sekalipun. Terjadi karena jantung tidak dapat memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh.

 

5. Nyeri dada 


Dalam kondisi yang cukup serius maka akan mengalami serangan jantung mendadak yang menyebabkan rasa nyeri di bagian dada, rasa nyeri ini sendiri bisa berlangsung sementara namun juga bisa berlangsung untuk jangka waktu yang lama. Biasanya disebabkan oleh aktivitas fisik maupun juga stres.

 

6. Kaki bengkak


Penderitanya juga akan mengalami pembengkakan pada area kaki, karena masalah jantung bisa berakibat juga pada gangguan ginjal, dimana hal ini akan memicu kaki bengkak karena cairan yang menumpuk.

Langkah Pencegahan Penyakit Jantung

Setelah gejala awal penyakit jantung dan pencegahannya bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa hal berikut ini, yaitu:

 

1. Perhatikan kandungan yang ada dalam makanan


Khususnya makanan yang terlalu tinggi natrium serta kolesterol kurang baik bagi kesehatan. Lebih fokus pada gizi yang ada dalam makanan tersebut dibandingkan dengan rasanya, seperti makanan yang kaya akan antioksidan layaknya sayuran hijau serta buah-buahan jauh lebih disarankan untuk dikonsumsi.

 

2. Olahraga secara teratur


Selanjutnya imbangi juga dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur atau yang dikenal sebagai olahraga, bagaimanapun olahraga penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Beberapa jenis olahraga sangat bagus untuk jantung, seperti diantaranya adalah dengan senam aerobik.

 

3. Berhenti merokok


Hentikan kebiasaan kurang baik seperti diantaranya adalah rokok, karena dalam rokok ini terkandung banyak senyawa berbahaya bagi tubuh, termasuk diantaranya adalah yang dapat mengganggu kinerja jantung, bahkan sudah ada peringatan yang diberikan pada label kemasan rokok. Kandungan nikotin dalam rokok inilah yang dapat memicu penyempitan pembuluh darah, sehingga akan mengganggu kerja jantung dalam memompa darah.

 

4. Berhenti konsumsi alkohol berlebih


Masih boleh mengonsumsi alkohol namun sebaiknya jangan berlebih, kurangi atau jika perlu hentikan, karena alkohol memiliki dampak yang kurang baik pada sistem kardiovaskular.

 

5. Istirahat secara cukup


Imbangi juga dengan istirahat secara cukup. Apalagi di malam hari, karena orang yang kurang tidur sebenarnya erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskuler layaknya jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi sampai dengan penyakit stroke.

 

6. Rutin melakukan medical check up


Langkah yang satu ini bisa membantu untuk mengidentifikasi jika ada yang bermasalah pada tubuhmu, seperti diantaranya adalah dalam organ jantung. Sedini mungkin diketahui maka dapat segera dilakukan pengobatan agar tidak bertambah serius. 

Itulah beberapa gejala awal penyakit jantung dan cara pencegahannya yang bisa Anda terapkan. Ingatlah bahwa penyakit jantung tergolong sebagai penyakit kritis yang membutuhkan biaya pengobatan besar dan bisa berlangsung seumur hidup.

Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Pastikan juga Anda memiliki asuransi kesehatan yang dapat meng-cover biaya pengobatan penyakit jantung, seperti asuransi dari Allianz, dengan memilih manfaat khusus untuk penyakit kritis dengan nilai pertanggungan yang besar.


Baca juga: Aktivitas ringan sehari-hari yang bagus untuk jantung sehat


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung.

Demi kebaikan blog ini silahkan tinggalkan kritik dan sarannya di kolom komentar, ya.

Mohon maaf komentar dengan link hidup dihapus, ya.